• By Dinas Sosial, Pemberdayaa
  • 29 Mar 2024
  • 22:22:10
  • Berita Dinas

MENYALURKAN BANTUAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS

Dinas sosial PPPA Batu Bara bekerjasama dengan Sentra “Bahagia” Kementerian Sosial Dalam Rangka Pengembangan Kewirausahaan Asistensi Rehabilitasi Sosial Bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial Kluster Disabilitas, Kamis 28 Maret 2024.

Dalam rangka mendukung dan meningkatkan kewirausahaan bagi penyandang Disabilitas, Dinas sosial PPPA Batu Bara bekerjasama dengan Sentra “Bahagia” Kementerian Sosial memberikan pelatihan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Batu Bara.

Pelatihan kewirausahaan tersebut dilakukan selama 2 (dua) hari, yakni Rabu dan Kamis, 27 s/d 28 maret 2024 di Dinas Sosial PPPA Batu Bara, pelatihan tersebut diikuti oleh 15 peserta.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Sosial Nur Rahman, S.Sos, MM yang diwakilkan oleh Kabid Rehsos Linjamsos Evi Rita Uly Manurung, S.Kep, Ners. Pelatihan yang diberikan berupa Latihanan dibidang kuliner seperti pelatihan memasak Nasi Goreng, Ayam Geprek, Ayam Kremes dan Mie Aceh.

Setelah pelatihan tersebut para peserta diberikan bantuan modal usaha berupa peralatan untuk usaha seperti Steling, Kompor Gas beserta tabung gas, Panci Presto, Piring, Gelas, Dandang dan perlengkapan memasak lainnya serta bahan baku makanan yang sebelumnya telah diberikan pelatihan untuk memasaknya.

Kepala Dinas Sosial Nur Rahman, S.Sos, MM berharap dengan adanya bantuan dan pelatihan ini dapat membantu masyarakat penyandang disabilitas dalam berwirausaha.

Dengan adanya bantuan dan pelatihan ini para peserta sangat berterimakasih karena bantuan ini sangat membantu sekali, selain diberikan pelatihan memasak, segala keperluan alat dan bahan untuk usaha juga diberikan secara lengkap. Dan peserta juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan sehingga masyarakat khususnya penyandang disabilitas di Kabupaten Batu Bara.